Koneksi Lemot? Simak 6 Tips Mengatasi Koneksi Internet Android Yang Lemah

  • Whatsapp

Saat ini pemakai smartphone dengan sistem operasi Android menjadi semakin banyak dan menjamur. Hal ini sudah menjadi bukti jika sistem operasi dari Google tersebut sudah bisa menjadi “teman hidup” untuk Manusia yang terealisasikan dalam bentuk gadget.

Jika kita sudah memegang Smartphone Android, semua bisa kita lakukan dengan mudah. Mulai dari mengerjakan tugas, membuat laporan hingga berselancar di dunia maya karena adanya koneksi internet.

Read More

Tapi salah satu masalah yang sering terjadi dan dialami oleh pengguna android adalah masalah koneksi internet yang tiba-tiba terputus tanpa tahu sebabnya. Nah berikut adalah tips untuk mengatasi Koneksi Internet Android yang sering error.

Reboot Smartphone

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Android anda yang mengalami error koneksi internetnya adalah dengan cara melakukan reboot pada smartphone. Anda tekan tombol power selama kurang lebih 5 detik, kemudian anda pilih “reboot” atau “restart”. Dengan begitu maka koneksi internet Smartphone anda akan kembali normal.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Saat koneksi internet smartphone anda sedang error padahal kuota internet anda masih tersisa banyak, maka anda bisa mengatasinya dengan cara mengaktifkan mode pesawat pada smartphone anda. Aktifkan mode pesawat tersebut sejenak, selama kurang lebih 5 menit.

Setelah itu anda matikan mode pesawat tersebut dan biarkan provider yang anda pakai melakukan refresh dan mencari kembali koneksi yang lebih baik untuk smartphone anda.

Reboot Dengan Mengaktifkan Mode Pesawat

Jika dengan mengaktifkan mode pesawat saja masih tidak bisa membuat koneksi internet smartphone anda normal, maka anda harus melakukan reboot dengan Mengaktifkan Mode Pesawat. Setelah selesai reboot maka anda matikan lagi mode pesawat tersebut. Banyak orang yang sudah membuktikan tips yang satu ini dan terbukti berhasil.

Memasukan APN Secara Manual

Jika anda tidak mendapatkan pengaturan APN otomatis dari provider internet anda maka anda bisa memasukan APN secara manual. Anda bisa mencari contoh config APN dari internet sesuai dengan Provider yang anda pakai. Jika anda kesulitan anda bisa menelpon call center untuk mengetahui konfigurasi APN pada provider anda.

Melakukan Reset APN

Biasanya koneksi internet android error karena penggunanya yang mengutak-atik Konfigurasi APN. Nah jika anda baru saja mengubah konfigurasi APN pada smartphone anda, maka lebih baik anda reset kembali ke kondisi semula.

Mengalihkan Jaringan Secara Manual

Cobalah untuk melakukan pengalihan jaringan secara manual. Misalnya anda memakai mode 4G maka ubahlah ke mode 3G. Biarkan dulu ke mode 3G selama beberapa menit, jika dirasa sudah cukup maka kembalikanlah ke mode 4G lagi. Dengan begitu provider internet yang anda pakai akan melakukan refresh jaringan dan mencari koneksi yang terbaik untuk smartphone anda.

Related posts