Rekomendasi 6 Text Editor Terbaik Untuk Anda Yang Ingin Semangat Coding

  • Whatsapp
Pilihan Text Editor Belajar Coding
Pilihan Text Editor Belajar Coding

Text Editor merupakan salah satu software pendukung untuk para programmer menulis sebuah kode program. Selain digunakan oleh programmer, tak jarang aplikasi text editor ini juga digunakan oleh web designer untuk membuat sebuah halaman website yang indah dan responsive.

Lalu apa perbedaan antara text editor biasa dengan text editor khusus untuk programmer? bedanya adalah biasanya pada text editor khusus untuk programmer akan ada fitur seperti search and replace, syntax highlight dan juga line number. Dengan begitu pastinya menulis kode program akan menjadi semakin mudah dan juga menyenangkan untuk dilakukan. Berikut ulasan tentang text editor terbaik untuk para programmer yang ingin semangat coding.

1. Sublime Text

Sublime Text adalah software andalan dari para programmer untuk menulis kode program. Banyak para web developer yang memakai program Sublime Text ini. Sublime Text memiliki tampilan yang sangat menarik, sederhana dan memiliki fitur-fitur canggih di dalamnya yang bisa membuat kita menjadi bersemangat untuk melakukan coding. Sublime Text terdapat dalam dua versi, yaitu versi berbayar dan juga versi gratis. Selain memiliki banyak fitur, Sublime Text juga memiliki banyak plugins yang bisa anda pasangkan pada Sublime Text.

2. Atom

Atom merupakan text editor yang dibuat oleh GitHub. Atom bisa anda buat custom dengan cara mengubah file konfigurasi yang terdapat di dalamnya. Atom juga merupakan aplikasi text editor yang open source. bagi anda pemakai linux, Atom adalah text editor terbaik yang wajib anda gunakan. Atom juga memiliki fitur plugins, jadi anda bisa menginstall plugins tambahan sesuai dengan keperluan anda.

3. Light Table

Ini merupakan aplikasi text editor buatan dari Crowdfunding, Light Table adalah aplikasi text editor yang sangat inovatif dan juga modern. Anda bisa mengkustomisasikan Light Table ini, bahkan anda juga bisa melihat hasil dari kode yang anda tulis secara real time. Jadi anda tidak usah melakukan compile secara manual untuk bisa melihat hasil dari kode program yang anda tulis.

4. Notepad++

Banyak programmer yang memakai aplikasi text editor Notepad++ ini. Notepad++ sudah mendukung banyak sekali bahasa pemrograman, diantaranya adalah CSS,HTML,JavaScript. Kelebihan lainya dari Notepad++ adalah memiliki tampilan GUI yang menarik dan simple. Memakai aplikasi ini, anda juga bisa menambahkan beberapa plugins yang pastinya akan berguna untuk anda dalam coding.

5. Brackets

Brackets banyak dipakai oleh web designer dan juga front-end developmen. Hampir sama seperti Notepad++, aplikasi Brackets ini juga memiliki fitur yang sangat banyak dan juga lengkap. Brackets ini diusung oleh Adobe dan saat ini dikembangkan oleh komunitas dari web developer di dunia.

6. UltraEdit

Text editor yang satu ini sangat cocok untuk anda para programmer yang ingin tetap enjoy saat melakukan aktivitas coding. UltraEdit juga memiliki fitur-fitur unggulan yang tidak kalah dengan text editor lainya. Diantaranya adalah multiline find and replace, file handling, spell checker dan masih banyak lagi.

Related posts